Pages

Subscribe:

WOODEN FRAME (Pigura Dari Jati Lama & Baru)

Fungsi Pigura untuk membuat foto, lukisan, gambar agar lebih menarik dan indah. Berbagai macam bentuk baik modern, klasik maupun minimalis dari harga ribuan sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah tersedia dibanyak tempat di Indonesia.
Saya coba membuat dengan bahan yang sedikit berbeda, yaitu dengan kayu jati lama maupun baru (used and new teakwood). Saya memanfaatkan peralatan (planner, thicknesser, armshaw, spindle, dll) yang sebelumnya saya gunakan untuk membuat profil-profil untuk plafon, daun pintu, maupun furniture.
Bahan dari kayu jati baru mungkin tidak begitu sulit menemukan, tetapi jati lama (used teakwood) pada saat ini mulai sulit ditemukan dan harganya cukup mahal, antara 5 s/d 10 juta rupiah per meter kubik. Jati lama tersedia dalam berbagai macam ukuran, seperti 5x7cm ; 6x12cm ; 8x12cm ; 15x15cm yang biasanya didapatkan dari bongkaran rumah-rumah lama, dan tentu saja masih banyak paku-paku yang menancap dikayu-kayu tersebut.
Proses pembuatan pigura kita mulai dengan membersihkan paku-paku yang tertanam di kayu, kemudian kita serut ke empat sisinya dan selanjutnya kita potong sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Selanjutnya kita buat sesuai dengan gambar yang ada dengan menggunakan mesin spindle. Dan yang terakhir kita melakukan pekerjaan finishing (politur, melamin, rustic, dll).

0 komentar:

Posting Komentar