Pages

Subscribe:

Membuat Pigura Jadi Antik

Membuat Pigura Menjadi Antik

Tidak sedikit orang yang senang mengoleksi barang antik. Namun selain susah ditemukan, harganya pun selangit. Jika Anda menyukai barang antik—utamanya yang terbuat dari kayu—tetapi tidak sanggup membeli karena harganya sangat mahal, Anda bisa menciptakan sendiri kesan antik itu.

Menggunakan cat khusus, benda-benda dari kayu di rumah Anda bisa disulap menjadi barang antik. Metoda ini bisa Anda terapkan pada kayu apapun. Hanya saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan kayu yang memiliki serat yang bagus. Dan cat ini bisa digunakan untuk menutupi kondisi kayu yang sudah jelek akibat adanya lubang bekas paku atau goresan.

Aplikasi cat antik yang akan kami berikan di sini hanya untuk penggunaan sendiri (bukan untuk pembuatan dalam partai besar), karena menggunakan alat yang sederhana yaitu kuas. Benda kayu yang kami gunakan juga sengaja kami pilih yang berukuran tidak besar (pada contoh di sini kami menggunakan pigura), sehingga dapat diaplikasikan dengan kuas.

(lia)

1.Alat dan bahan yang dapat digunakan adalah:

-Pigura(berprofil)

-Kuas

-Lap bersih (sebaiknya dari bahan kaus katun)

-Amplas no. 180

-Cat pewarna

-Cat glaze

-Sealer

2.Pertama-tama, bersihkan permukaan pigura menggunakan amplas. Langkah ini bertujuan agar pigura terbebas dari kotoran, debu, lem, oli, minyak, dll. yang bisa membuat cat tidak menempel dengan baik.

3.Langkah berikutnya adalah pewarnaan kayu. Kayu yang berwarna terlalu muda (pucat) perlu diwarnai agar menjadi lebih merah, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih baik. Proses pewarnaan ini menggunakan cat khusus berwarna merah transparan, yang tetap memperlihatkan serat alami kayu. Aplikasikan cat warna ini dengan kuas atau spray, tergantung besarnya bidang yang akan dicat.

4.Tahap selanjutnya adalah proses sealing. Proses ini berfungsi untuk melapisi cat pewarna agar nantinya tidak tercampur dengan cat glaze. Cat sealer juga bisa digunakan untuk cat pelapis akhir (coating). Pengaplikasian cat ini juga bisa menggunakan kuas atau spray.

5.Cat glaze adalah suatu bahan pewarna yang dapat memberikan efek antik, usang dan tua. Kuaskan cat glaze pada pigura. Segera sebelum cat ini kering, lap menggunakan lap kaus katun. Dengan langkah ini, cat pada permukaan kayu akan terhapus, tetapi cat yang masuk ke dalam pori-pori atau serat kayu dan bidang berprofil bagian dalam tetap tertinggal. Efek ini akan menonjolkan profil pada pigura.

6.Langkah terakhir adalah pelapisan akhir (coating). Pelapisan akhir perlu dilakukan untuk melindungi cat secara keseluruhan. Cat yang digunakan bisa yang jenis glossy atau matt tergantung selera Anda.

Nah, sekarang Anda sudah mempunyai barang antik yang bisa diperoleh dengan harga yang murah tapi tidak kalah kualitasnya dengan barang antik yang mahal.

Kami menggunakan:

-Cat pewarna (Impra Wood Stain WS-162 B)

-Sealer dan coating (Ultran Aqua Lacquer AL-950 Clear Gloss)

-Cat glaze (Antique Glaze AGZ-245)

0 komentar:

Posting Komentar